Tiga Amalan ini, Membuat Jakfar bin Abu Thalib Terbang ke Surga dg Dua Sayap dari Intan


Diceritakan suatu saat, Nabi Muhammad SAW diberi tahu oleh malaikat Jibril bahwasannya kelak ketika Jakfar Bin Abu Thalib berperang dan syahid, Allah  menjadikan dua sayap hijau yang terbungkus oleh intan dan mutiara bagiya di surga, Dia terbang dengan kedua sayapnya tersebut bersama para malaikat.

Nabi Muhammad  bahagia mengetahui hal tersebut, beliau pun bertanya kepada Jakfar, “Wahai Jakfar, putra Abu Thalib amalan apa yang kau lakukan sehingga kamu bisa mendapatkan kemuliaan ini?” “Aku tidak tahu pasti amalan apa yang telah aku kerjakan. Akan tetapi, ketika masih kafir dan setelah masuk islam sampai saat ini, aku tidak pernah mengerjakan tiga hal” jawabnya.

Nabi  bertanya, “Apa itu Jakfar,” “Aku tidak pernah berdusta, berzina dan mabuk-mabukan” jawabnya. Nabi menimpali, “Ketiga hal tersebut memang diharamkan di dalam islam, lalu dengan cara apa kamu bisa menahan diri ketika masih kafir?”.

Lalu Jakfar menjelaskan “Aku berfikir di dalam hati, bahwasannya apa bila seseorang berdusta dalam berbicara maka dia akan selalu dicurigai oleh orang-orang. dan apabila kebohongannya diketahui orang maka hal tersebut menyebabkan malu. oleh karena itulah, aku menjauhi perbuatan dusta,” jawabnya.

“Begitu juga aku berfikir tentang perbuatan zina, bahwasannya ketika ada seseorang yang melakukan perbuatan zina dengan istri, putri atau saudariku maka hal tersebut akan menjadi sebuah kecacatan bagiku dan aku tidak akan mengampuninya. Begitu juga dengan orang lain, oleh karena itulah aku membenci perbuatan zina,”.

“Sedangkan aku menjauhi mabuk-mabukkan dikarenakan aku tahu bahwasannya orang-orang berkeinginan akal mereka melebihi kecerdasan orang lain, sedangkan orang yang suka mabuk-mabukan akalnya akan hilang, berbicara sembarangan dan akan ditertawakan banyak orang. Oleh karena itulah saya menghindari minum-minuman keras,”.

lalu malaikat Jibril turun dan berkata “Jakfar bin Abu Thalib telah berkata benar, maka Allah memberinya keistimewaan dua sayap dikarenakan dia menjauhi perkara tiga tersebut”.

Akhirnya, benarlah cerita tersebut ketika Jakfar syahid dalam perang muktah demi mempertahankan bendera yang dipegangnya sehingga menyebabkan kedua tangannya ditebas oleh musuh. dan Allah  menggantinya dengan sayap ada di surga. (pds)

Disarikan dari kitab al-Mawâidz al-Ushfûriyah hal: 26 cetakan al-Haramain

via LAZ Sidogiri 

0 Response to "Tiga Amalan ini, Membuat Jakfar bin Abu Thalib Terbang ke Surga dg Dua Sayap dari Intan"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==